Body Talk (Bahasa Tubuh)

7:40:00 AM pinkanashya 0 Comments

Gak cuma bibir yang bisa mewakili semua ekspresi kita. Anggota tubuh juga bisa menjadi andalan untuk mengekspresikan diri. Asal pintar membacanya, pasti kita bisa lebih peka dalam menyikapi perilaku orang lain. Setiap gerakan pasti memiliki maksud tertentu! apa aja contohnya? Yuk di simak!



  • Kontak mata, pandangan mata termasuk salah satu isyarat paling ampuh untuk dibaca. Saat sedang berbicara dengan seseorang, perhatikan matanya. Jika mata lawan bicara konsisten terus melihat ke mata kita, bisa dipastikan orang itu tertarik sama kita!
  • Posisi tubuh, jika seseorang terus menghadapkan badannya ke arah kita, bisa dikatakan orang itu nyaman atau senang berada didekat kita. Sebaliknya, jika orang itu membelakangi kita, berarti orang tersebut kurang tertarik.
  • Tangan dan kaki, kedua anggota badan ini sangat kuat menjadi "alat pembaca". Apa kalian pernah perhatiin orang yang gugup misalnya, dia akan menggerak-gerakan kedua tangan dan kakinya dengan maksud mencari posisi yang nyaman dan tidak membuat nya gugup. Hal seperti ini disebut dengan fidgeting, terjadi kalau seseorang merasa kurang nyaman.
  • Arah condong badan, naah kalau yang ini mudah di baca juga. Kalau kita tertarik sama orang lain, pasti kita cenderung mencondongkan berat badan ke kaki bagian depan mendekati objek yang kita sukai. Setuju?
  • Frowns (cemberut), ekspresi wajah yang menandakan kita tidak setuju atau tidak suka dengan keputusan orang. Biasanya juga muncul saat kita sedang marah.
  • Forehead tension (mengkerutkan dahi), ketika dahi sesorang berkerut saat kita berbicacara, biasanya orang itu tidak yakin dan ragu dengan apa yang kita bicarakan, atau mungkin juga bisa mereka kurang jelas mendengar atau memahami apa yang kita bicarakan. Kalau sudah melihat ekspresi wajah seperti ini tidak ada salahnya kita menayakan padanya apakah ada yang ingin di tanyakan.
  • Tangan berada didepan dada, hal ini bisa jadi mengisyaratkan sikap defensif. Kemungkinan orang yang kita hadapi nggak nyaman atau kurang PD sama kehadiran kita sehingga ia 'membentengi" diri dengan cara seperti itu.
  • Menjulurkan lidah, nah! gaya ini bukan seperti gaya melet sedang selfie yaaa! melainkan ekspresi mengejek seseorang secara langsung. Biasanya muncul untuk ejekan kepada teman terdekat yang seharusnya tidak usah dimasukkan ke hati sih.

APAKAH KAMU TAU?
-----Disaat kita pasang muka marah, ada 7 otot wajah yang bekerja. Otot alis bagian tengah akan tertarik ke bawah dan ujung alis tertarik ke atas. Hidung kita juga akan ketekan dan berkerut. Lubang hidung membesar dan tertarik ke atas. Bibir tertarik ke atas sehingga memperlihatkan gigi dan ujung bibir tertarik ke bawah untuk menunjukkan ketidaksukaan. Otot rahang juga tegang sehingga gigi terkatup dan melakukan gerakan menggilas. Hmm... cukup terkuras ya otot wajah kita kalau mengeluarkan ekspresi marah. Karena itu, mendingan kita banyakin senyum aja! karena memasang happy face  tu cuma menggerakan 3 otot wajah yang terbukti relaxing! :) -----

Nah, bagaimana biar kita bisa happy terus?
  • Happy body, pastikan dari ujung rambut sampai ujung kaki happy terus. loh? cara nya gimana?
  1. Pertahankan pikiran positif. Isi pikiran hanya dengan hal-hal yang kita suka. Jika pikiran kita happy, otomatis otak akan memberi kode kepada bagian tubuh bagian lain untuk merasa happy juga. Dari segi kesehatan, emosi yang positif dapat memberimu energi, sementara emosi negatif menguras energi sehingga badan bakal terasa capek dan frustasi.
  2. Lakukan gerakan-gerakan happy. Ini berarti kegiatan-kegiatan yang bakal membuatmu senang. Kalau sekedar menyebarkan tweet yang inspiring aja aja udah bikin kamu happy, itu akan membuat orang lain senang juga.
  3. Mainkan "your happy feet". Wah, apanih maksudnya? hmm.. seperti Mumble di film Happy Feet, menari dapat memberimu mood yang bagus. Soalnya, saat kita mulai menggerakan badan, otak akan melepas endorfin sebagai respon atas aktivitas tubuh yang meningkat. Selain itu, gerakan menari yang dinamis juga terbukti menangkis tanda-tanda depresi. So, kenapa nggak menari saja mengikuti lagu up-beat favoritmu? You don't have to be on beat, just let your feet lead yout moves..

-CG!

0 comments: