Lucid Dream: Seni Pengendalian Mimpi

9:38:00 PM pinkanashya 0 Comments


Image result for lucid dream adalah

adalah sebuah mimpi dimana sang pemimpi sadar bahwa ia sedang bermimpi (Disebut juga mimpi sadar). Pengertian lucid dream menurut Wikipedia: "Kejadian dalam mimpi biasanya di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming." 


Semua orang bermimpi setiap malam. Mengapa kita bisa bermimpi? Mimpi adalah saat dimana kamu tidur alam bawah sadar kamu mengambil alih, dan bermain-main dengan memori kamu. Itulah kenapa kita bermimpi. Saat kamu biasa bermimpi, kamu ga akan punya kontrol atas mimpi kamu karena kamu tidak sadar- alam bawah sadar yang mengambil alih!


Bukan cuma sadar doang loh, tapi kalo kamu udah lucid (sadar sedang bermimpi), kamu bisa kontrol mimpi kamu saat kamu tidur. Tapi lucid dream untuk apa?

Mengapa Lucid Dream?

  1. KARENA SERUTidak ada yang mustahil dan tidak ada aturan! Kamu bebas untuk melakukan apa aja yang kamu mau! Jadi presiden, terbang, masuk ke masa depan, pergi ke mars, bertarung dengan zombie, semuanya bisa kamu lakuin!
  2. Melatih KREATIVITAS kamu - Kamu bisa berlatih skill menggambar, membuat musik, menulis cerita/novel di dalam mimpi kamu! dan hasil karya kamu bisa jadi masterpiece di mimpi kamu walau kamu bukan orang yang mahir! (asal kamu bisa imajinasiin hasilnya!)
  3. KONSULTASI dengan alam bawah sadar - Benar! Didalam lucid dream, kamu bisa konsultasi dengan alam bawah sadar kamu, dan kamu bisa dapet jawabannya.
  4. BERLATIH secara aman - apa yang kamu takuti? berbicara didepan banyak orang? melakukan backflip? berpidato? bersosialisasi? semua kamu bisa latih di dalam mimpi kamu! dan tenang aja, semuanya aman aja kok!
  5. MASUK KE DUNIA IMAJINASI KAMU - Alasan paling utama mengapa banyak orang masuk ke mimpi dalam tidur mereka adalah karena mereka bisa masuk ke dalam dunia imajinasi mereka! Dengan lucid dream, kamu bisa masuk ke film/game favorit kamu! Kamu juga bisa masuk ke dalam novel yang kamu sedang tulis, atau buku yang sedang kamu baca. didalam dunia ini, kamu bisa bikin cerita apa aja dan masuk ke dunia itu!



Lucid Dream terbagi menjadi tiga:

  • Tingkat Basic. Kalian dapat terbang, menembus tembok, berjalan, berlari.
  • Tingkat Menegah. Kalian dapat memunculkan tokoh tokoh dalam pikiran kalian , seperti orang yang kalian suka , artis , pacar dan teman kalian.
  • Tingkat Ahli. Kalian dapat melakukan hubungan seks , membunuh dan melakukan tindakan tindakan seperti di dunia nyata .



Efek Negatif dari Lucid Dream

Efek negatif untuk fisik menurut ahli dalam bidang ini yang di takutkan adalah terjadi sleep apnea dimana tubuh anda berhenti bernafas dan Efek untuk bathin nya kalian jadi males berusaha di dunia nyata, karena kalian bisa mendapatkan semua nya di dunia mimpi .


Lucid dream vs mimpi biasa

Berbeda dengan mimpi biasa yang plot-nya terasa random dan aneh, plot lucid dream bisa tergantung dari keputusan kamu. Saat kamu bermimpi biasa, kualitas gambar dan hasil pancaindera mimpi bakal jadi sangat kabur dan tidak jernih. Tapi saat kamu sadar kamu lagi bermimpi, DOR!, semuanya akan jadi sangat jernih! Apa yang kamu lihat, dengar, rasakan, semuanya akan menjadi jauh lebih jernih daripada mimpi biasa. Ini merupakan salah satu hal yang menarik mengenai lucid dream: saat kamu menjadi lucid, kamu tau kamu sedang berada di dunia yang tidak nyata, tapi dunia itu berasa terlalu nyata dan jernih untuk menjadi sebuah mimpi!

Rasa nya lucid dream? Semua yang kamu rasakan di dalam mimpi kamu merupakan hasil gabungan dari memori kamu + sedikit imajinasi. Oleh karena itu, jika kamu sudah mencapai level lucidity yang sangat tinggi, apa yang kamu rasakan di dunia mimpi bisa se-nyata dengan dunia nyata! Kamu bisa ngerasain panasnya sinar matahari di kulit kamu, manisnya es krim, baunya pantai, dinginnya angin saat kamu terbang, lezatnya makanan restoran bintang lima - semuanya bisa kamu rasain dan bisa terasa sangat nyata! (bahkan, makanan yang kamu coba di lucid dream bisa terasa lebih lezat!)

Apa yang kamu bisa lakukan didalam lucid dream?

Apapun yang kamu bisa bayangkan. Pemimpi yang sudah fully lucid bisa melakukan apa saja. Mulai dari memberhentikan waktu, masuk ke masa depan, membuat sebuah portal dari tanah, terbang, jadi presiden, jadi seorang yang terkenal, masuk ke dunia inception. Semua bisa kamu lakukan!

Saat kamu sadar kamu sedang bermimpi, kamu sudah masuk ke dalam suatu dunia yang kamu dapat manipulasikan hanya dengan imajinasi kamu sendiri.

Lucid dream hoax?

Dari dulu para ilmuan sudah mencoba untuk mencari tau lebih lagi dan untuk mencari bukti tentang fenomena lucid dream ini. Akhirnya, bukti ilmiah pertama lucid dream muncul pada tahun 1975 saat seorang dokter dapat berkomunikasi dengan subjek experimennya melalui gerakan mata subjeknya (Iya! gerakan mata kamu saat kamu lucid dream singkron dengan gerakan mata kamu di dunia nyata). Sekarang, kita sudah dapat bukti yang lebih memuaskan karena kita udah bisa menganalisis frekuensi gelombang otak kita, dan sudah dibuktikan kalo saat kita lucid dream, frekuensi otak kita bisa mencapai 32-100Hz, sedangkan mimpi biasa (4-7)Hz.


Untuk mengetahui jika anda sudah berhasil melakukan lucid dreaming, coba cubit pipi anda jika anda merasakan sakit berarti anda belum berhasil. Teknik ini tergolong sulit jadi untuk dapat menguasai teknik lucid dreaming anda harus banyak melakukan trial error.



0 comments: